Samsung Galaxy S23 FE Hadirkan Peningkatan Fitur di Kamera, Siap Digunakan Untuk Konten Kreator!

GamingLand ID

Loading

Seri Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition) telah resmi hadir dan siap memikat pengguna di tanah air. Smartphone ini dibanderol dengan harga awal Rp 9 juta di pasaran Indonesia. Ini adalah alternatif yang lebih terjangkau, mengingat seri flagship Galaxy S23 yang diluncurkan di awal tahun dijual dengan harga mulai dari Rp 13 juta.

Dengan selisih harga Rp 4 juta, Samsung Galaxy S23 FE 5G ini membawa ragam spesifikasi unggulan yang biasanya terdapat pada seri premium. Berikut ini adalah ringkasan dari fitur-fitur andalan yang tersemat pada Galaxy S23 FE 5G.

Kamera Belakang 50 MP yang Canggih

Samsung Galaxy S23 FE 5G ini dibekali kamera utama 50 MP, suatu peningkatan signifikan dari pendahulunya, Galaxy S21 FE yang memiliki kamera 12 MP. Sensor kamera ini adalah tipe Samsung S5KGN3, dengan ukuran 1/1.57 inci dan piksel sebesar 1 μm, serta bukaan f/1.8 yang menjanjikan hasil tangkapan gambar yang lebih baik. Fitur kamera ini juga diperkuat dengan stabilisasi gambar digital (VDIS) dan optik (OIS), serta fitur Nightography yang menjadi keunggulan dari kamera flagship Samsung.

Kamera Selfie Dengan Sensor Kelas Atas

Galaxy S23 FE memiliki kamera depan 10 MP yang menggunakan sensor Sony IMX374, yang juga digunakan pada seri Galaxy Z Fold. Walaupun resolusinya lebih rendah dibandingkan dengan Galaxy S21 FE yang memiliki 32 MP, sensor ini memiliki ukuran piksel yang lebih besar (1,22µm), yang memungkinkan pengambilan gambar yang lebih terang dan detail. Samsung juga menambahkan fitur warm dan natural color tone untuk memberikan opsi nuansa selfie yang lebih sesuai dengan keinginan pengguna.

Kinerja Tinggi dengan Chipset Exynos 2200

Samsung Galaxy S23 FE ditenagai oleh chipset Exynos 2200 yang dibuat dengan proses fabrikasi 4 nanometer, yang menjanjikan performa tinggi serupa dengan Galaxy S23 series. Chipset ini menawarkan peningkatan performa yang signifikan untuk pengalaman gaming yang lebih lancar, termasuk ruang pendingin yang empat kali lebih besar untuk pengoperasian yang lebih dingin dan stabil.

Efisiensi Energi dan Daya Tahan Baterai

Chipset Exynos 2200 yang ada pada Galaxy S23 FE juga memberikan efisiensi daya hingga 10 persen lebih baik dari pendahulunya, yang membantu memperpanjang durasi penggunaan ponsel. Ditambah dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh, Samsung menjanjikan waktu pemutaran video hingga 22 jam. Fitur fast charging 25 watt juga memastikan pengisian daya yang cepat, dengan pengisian hingga 50 persen hanya dalam 30 menit.

Visual yang Lebih Terang dan Tajam

Samsung Galaxy S23 FE membawa revolusi visual dengan layar Dynamic AMOLED 2X 6,4 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus. Tingkat kecerahan maksimalnya mencapai 1.450 nits, yang menawarkan peningkatan dari kecerahan puncak Galaxy S21 FE sebelumnya yang hanya 1.200 nits. Dengan adaptif refresh rate yang berkisar antara 60-120 Hz, pengguna dapat menikmati transisi layar yang lebih halus dan responsif yang menyesuaikan sendiri berdasarkan aktivitas konten yang ditampilkan.

Layar Galaxy S23 FE mampu memberikan kenyamanan visual bahkan ketika digunakan di luar ruangan, menunjukkan kemampuannya yang efektif di bawah cahaya matahari. Misalnya, dalam foto yang ditampilkan, layar terlihat jelas dalam tiga kondisi pencahayaan yang berbeda. Foto pertama diambil di dalam ruangan dengan iluminasi ring light, sedangkan dua foto lainnya menunjukkan performa layar ketika digunakan di luar ruangan.

Perlindungan Tingkat Tinggi dengan IP68

Kualitas premium Samsung Galaxy S23 FE juga diperkuat dengan fitur ketahanan air dan debu yang diakreditasi dengan standar IP68. Walaupun dikenal sebagai water-resistant dan bukan sepenuhnya kedap air, perlindungan IP68 ini menjamin perangkat aman terendam dalam air tawar setinggi 1,5 meter hingga 30 menit. Namun, ini tidak mengimplikasikan keamanan perangkat dalam air yang mengandung bahan kimia, termasuk air laut, yang dapat menyebabkan kerusakan.