[REVIEW] ROG Ally (Ryzen Z1), Perangkat Gaming Paling Worth untuk Mainkan Game AAA

GamingLand ID

Loading

ASUS ROG Ally merupakan portable portable gaming console terbaik yang telah hadir secara resmi di Indonesia. Perangkat gaming yang sempat membuat heboh saat peluncuran perdananya di pertengahan tahun 2023 tersebut ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme yang khusus dirancang untuk perangkat portable gaming console. Selain Ryzen Z1 Extreme, ROG Ally juga memiliki varian yang menggunakan prosesor Ryzen Z1 yang dibanderol dengan harga lebih terjangkau. 

Prosesor Ryzen Z1 memiliki perbedaan di konfigurasi jumlah core CPU serta compute unit di integrated GPU-nya, yaitu lebih sedikit dibandingkan dengan varian Ryzen Z1 Extreme. Dengan demikian, di atas kertas prosesor Ryzen Z1 ini memang memiliki performa lebih rendah dibandingkan dengan saudaranya yaitu Ryzen Z1 Extreme. 

Namun apakah Ryzen Z1 masih bisa menghadirkan performa gaming yang mumpuni? Mari kita ulas! 

Persiapan Awal Sebelum Main 

ROG Ally, baik yang ditenagai Ryzen Z1 atau Z1 Extreme, dibekali sistem operasi Windows 11 yang menawarkan dukungan fitur dan fleksibilitas terbaik untuk gaming. Agar dapat memanfaatkan semua fitur dan keunggulan yang ditawarkan, ada beberapa langkah penting yang perlu dipersiapkan sebelum Anda dapat menikmati seluruh kemampuan ROG Ally. 

Pertama-tama ROG Ally menggunakan Windows 11 sebagai sistem operasinya. Oleh karena itu, gamers perlu melakukan setup awal pada Windows 11 untuk memastikan sistem berfungsi dengan baik. Langkah pertama yang disarankan adalah menggunakan Microsoft Account sebagai akun gamers. Dengan menggunakan Microsoft Account, gamers dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan Microsoft, termasuk penyimpanan awan dan sinkronisasi data. Selain itu, penting untuk mendaftarkan sidik jari sebagai sistem keamanan. Fitur pengamanan sidik jari akan mempermudah gamers ROG Ally untuk login ke dalam sistem Windows 11 dengan cepat dan aman. 

Setelah berhasil masuk ke dalam sistem, langkah selanjutnya adalah melakukan update Windows 11. Pastikan untuk memeriksa dan mengunduh update terbaru yang tersedia di bagian Settings. Update Windows 11 akan memperbaiki bug, meningkatkan stabilitas, dan mengoptimalkan performa sistem secara keseluruhan. Dengan melakukan update secara teratur, gamers akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dan dapat memanfaatkan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Windows 11. 

Selanjutnya, penting untuk memastikan bahwa semua update yang tersedia pada aplikasi MyASUS dan Armoury Crate telah terpasang. Aplikasi MyASUS menyediakan berbagai utilitas yang dapat membantu gamers memantau dan mengelola ROG Ally dengan mudah. Sementara itu, Armoury Crate adalah aplikasi yang memungkinkan gamers mengatur pengaturan performa dan pencahayaan laptop sesuai dengan preferensi mereka. Melakukan update pada kedua aplikasi ini akan memaksimalkan pengalaman gamers dan memastikan bahwa ROG Ally berjalan dengan performa terbaiknya. 

Setelah semua update selesai diinstal, gamers ROG Ally dapat langsung menikmati berbagai game yang tersedia di platform XBOX melalui PC Game Pass. Selain itu, ROG Ally juga mendukung platform gaming lainnya seperti Steam, Epic Games, dan lain-lain. Dengan spesifikasi yang kuat dan sistem operasi Windows 11 yang dioptimalkan, gamers dapat menikmati game-game favorit mereka dengan lancar dan tanpa hambatan. 

Sebagai bonus tambahan, ROG Ally hadir dengan gratis berlangganan PC Game Pass selama 3 bulan. Ini adalah kesempatan yang sempurna bagi Anda untuk menjelajahi berbagai game baru dan populer yang tersedia di PC Game Pass. Dengan berlangganan ini, gamers ROG Ally dapat menikmati pengalaman gaming yang lebih kaya dan lebih luas selama periode langganan yang diberikan. 

ASUS juga telah mengintegrasikan fitur gyroscope secara native di ROG Ally melalui update terkininya. Fitur tersebut memungkinkan gamers untuk mengontrol gerakan di game dengan hanya menggerakkan ROG Ally ke kiri, kanan, depan, dan belakang. Bersama dengan fitur tersebut, ASUS juga menghadirkan berbagai pembaruan seperti fasilitas untuk kalibrasi tombol dan analog, hingga sistem real-time monitor yang lebih ringkas. 

Masih Seperti ROG Ally Versi Ryzen Z1 Extreme 

ROG Ally (Ryzen Z1) masih mempertahankan desain ergonomis dari saudaranya, ROG Ally Z1 Extreme, yang memungkinkan gamers merasakan kenyamanan saat memegang dan menggunakan perangkat dalam berbagai posisi. Desain ini juga mengoptimalkan pengalaman bermain game jangka panjang tanpa menimbulkan kelelahan atau rasa tidak nyaman. 

Fitur unggulan dari desain ROG Ally adalah permukaannya yang anti-selip, menyediakan cengkraman yang kuat dan nyaman. Hal ini mengurangi risiko perangkat terlepas dari tangan gamers saat bermain game intens. Desain anti-selip ini juga memungkinkan gamers untuk selalu fokus penuh pada permainan. 

Meskipun ergonomis, ROG Ally tetap ringan dengan berat hanya 608 gram, membuatnya jauh lebih portable dan nyaman untuk dibawa kemana-mana. Ringannya berat ini memudahkan gamers untuk bermain game favorit di berbagai lokasi tanpa merasa terbebani. 

ROG Ally juga dilengkapi dengan tombol kontrol, analog, dan trigger yang dirancang untuk semua tipe gamers, dengan ukuran dan penempatan yang tepat untuk respons akurat dan kenyamanan gamers. Semua tombol ini telah diuji untuk ketahanan dan keandalan, dengan durabilitas hingga 10 juta kali tekan untuk tombol dan 2 juta kali rotasi untuk analog, menjamin keandalan perangkat dalam jangka panjang. 

Selain mempertahankan desain, ROG Ally (Ryzen Z1) juga tetap menawarkan kualitas visual yang memukau dengan layar Full HD 7-inci yang memiliki refresh rate 120Hz dan dukungan VRR (Variable Refresh Rate). Fitur ini memastikan tampilan yang mulus dan respons yang cepat, mengoptimalkan pengalaman bermain game. 

Layar ROG Ally juga memiliki color gamut 100% sRGB, memungkinkan tampilan warna yang luas dan gambar yang lebih hidup. Ditambah perlindungan Corning Gorilla Glass Victus, layar ini memiliki resistensi terhadap goresan yang sangat baik. 

Kualitas audio ROG Ally juga menakjubkan, dengan dukungan dua speaker terintegrasi Dolby Atmos, memberikan suara yang mendalam dan dinamis. Perangkat ini juga dilengkapi dengan mikrofon AI noise-cancelling untuk komunikasi dalam game yang lebih jernih dan bebas gangguan. 

ROG Ally (Ryzen Z1) tetap fleksibel berkat sistem operasi Windows 11 yang mendukung berbagai platform gaming dan kemampuan komputasi seperti PC atau laptop. Dengan Windows 11, ROG Ally menyediakan akses ke berbagai platform gaming, memperkaya pengalaman bermain. Selain itu, sebagai sebuah PC handheld, ROG Ally juga mampu menjalankan berbagai aplikasi produktivitas yang didukung Windows 11, menjadikannya bukan hanya konsol gaming, tapi juga alat produktivitas yang handal. 

ROG Ally (Ryzen Z1) juga masih dibekali Armoury Crate SE, software yang berfungsi sebagai pusat kontrol dan game library. Software ini memungkinkan pengaturan mode performa yang bervariasi, termasuk Silent, Performance, Turbo, dan mode Manual, memberikan kemampuan penyesuaian unik untuk sebuah portable gaming console. 

Armoury Crate SE juga mengelola permainan dari berbagai platform seperti XBOX PC, Steam, EA Play, Ubisoft Connect, Epic Games, dan GOG Galaxy, memudahkan pemain untuk menjelajahi dan memilih game yang ingin dimainkan. 

Hanya CPU-nya yang Berbeda 

ROG Ally (Ryzen Z1) mengusung desain, fitur, hingga sistem pendingin yang sama dengan saudaranya yang ditenagai oleh Ryzen Z1 Extreme. ROG Ally (Ryzen Z1) juga masih dibekali dengan RAM berkapasitas 16GB dan PCIe SSD berkapasitas 512GB yang masih bisa di-upgrade. Gamers yang sudah memiliki ROG XG Mobile juga masih bisa menghubungkan external GPU tersebut ke ROG Ally untuk meningkatkan performa grafisnya. 

Perbedaan ROG Ally (Ryzen Z1) kali ini hanya ada di CPU-nya, yaitu ditenagai oleh Ryzen Z1 yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread, sedangkan integrated GPU-nya memiliki 4 compute unit (CU). Konfigurasinya memang tidak lebih powerful dari Ryzen Z1 Extreme, namun ternyata masih cukup mumpuni untuk memainkan game AAA. Bahkan performanya secara keseluruhan tetap bisa disandangkan dengan laptop berperforma tinggi. 

Dibekali baterai 40Wh, ROG Ally (Ryzen Z1) dapat menemani gamers untuk bermain game AAA hingga 2 jam. Sementara berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery pada mode video playback, ROG Ally (Ryzen Z1) bisa bertahan hingga lebih dari 9 jam. 

Berikut adalah hasil benchmark performa ROG Ally (Ryzen Z1): 

Mudah untuk Di-Upgrade 

Salah satu aspek yang menjadikan ROG Ally menonjol di antara portable gaming console lainnya adalah desain komponennya yang cukup modular, termasuk ROG Ally yang menggunakan Ryzen Z1 kali ini. Desain tersebut memungkinkan para gamers untuk melakukan upgrade pada SSD dengan mudah, memastikan bahwa ROG Ally selalu siap untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Mengganti SSD cukup dilakukan dengan membuka panel belakang perangkat, dan slot SSD dapat langsung diakses. Ini berarti bahwa proses upgrade dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan oleh mereka yang tidak memiliki banyak pengalaman dengan hardware komputer. 

Selain itu, ROG Ally juga dilengkapi dengan fasilitas ASUS Cloud Recovery di BIOS. Dengan fasilitas ini, gamers dapat melakukan instalasi Windows dan driver secara otomatis ke SSD baru, memastikan bahwa perangkat tetap berfungsi dengan baik setelah upgrade. Dan yang lebih penting, mengganti SSD di ROG Ally tidak akan membatalkan garansi perangkat. Ini memberikan kebebasan bagi gamers untuk memperbarui sistem mereka sesuai kebutuhan, tanpa perlu khawatir tentang risiko kerusakan atau permasalahan garansi. Dengan demikian, ROG Ally tidak hanya memberikan performa gaming yang luar biasa, tetapi juga fleksibilitas dan kemudahan upgrade yang sulit ditandingi. 

Main Spec. ROG Ally (RC71) 
APU AMD Ryzen™ Z1 Processor 

CPU: “Zen4” architecture with 4nm process, 6-core /12-threads, 22MB total cache, up to 4.90 GHz boost 

GPU: AMD Radeon™ Graphics (AMD RDNA™ 3, 4 CUs, up to 2.5GHz, up to 2.8 Teraflops) 

TDP: 9-30W 

Operating System Windows 11 Home 
Memory 16GB DDR5 (6400MT/s dual channel) 
Storage 512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 
Display 7-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level, glossy display, sRGB:100%, Gorilla® Glass DXC, Gorilla® Glass Victus™, Touch Screen (10-point multi-touch), Refresh Rate:120Hz, Response Time:7ms, Brightness:500nits, AMD FreeSync™Premium 
Input/Output 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x ROG XG Mobile Interface and USB Type-C combo port (with USB 3.2 Gen2, support DisplayPort™1.4), 1x card reader (microSD) (UHS-II) 
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.2 
Control and Input Gamepad controls: A B X Y buttons, D-pad, L & R Hall Effect analog triggers, L & R bumpers, View button, Menu button, Command Center button, Armoury Crate button, 2 x assignable grip buttons 

Thumbsticks: 2 x full-size analog sticks 

Haptics: HD haptics 

Gyro: 6-Axis IMU 

Audio AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Built-in array microphone, 2-speaker system with Smart Amplifier Technology 
Battery 40WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion 
Dimension  28.0 x 11.1 x 2.12 ~ 3.24 cm 
Weight 608g 
Colors White 
Price Rp9.599.000 
Warranty 2 tahun garansi internasional