Gamescom Asia 2023: Tempat Berkumpulnya Industri Game Asia

Ipang

Loading

Gamescom Asia, acara yang merupakan versi satelit dari festival game video terbesar di dunia, Gamescom, berhasil dilaksanakan di Singapura minggu lalu. Acara ini berlangsung dari 19 hingga 22 Oktober di Suntec Convention and Exhibition Centre di Singapura. Acara ini mencatatkan rekor kunjungan terbanyak dari para pengunjung perdagangan dan umum dengan lebih dari 34.000 pengunjung, 136 pameran, dan paviliun negara dari 67 negara, menetapkan standar baru sebagai acara game terbesar yang digelar di Singapura.

Langkah Mantap untuk Industri Game Asia

Mathias Kuepper, Direktur Manajer Koelnmesse Singapore, penyelenggara Gamescom Asia, mengatakan: “Dengan kesuksesan debut Zona Hiburan fisik kami, Gamescom Asia telah menciptakan pengalaman holistik bagi peserta bisnis dan publik, lengkap dengan coba-coba game, pratinjau, dan banyak lagi. Kehadiran kuat dari para peserta pameran dan pengunjung telah memicu antusiasme Asia dalam mengapresiasi dan mengonsumsi konten game terbaik. Kami tak sabar untuk menunjukkan apa yang bisa dibawa Gamescom Asia pada panggung dunia di tahun 2024 dan seterusnya.”

Bapak Alvin Tan, Menteri Negara, Kementerian Budaya, Komunitas, dan Pemuda & Kementerian Perdagangan dan Industri, mengatakan: “Gamescom Asia 2023 merupakan tonggak penting dalam pertumbuhan dan perkembangan industri game dan esport. Ini adalah perayaan dari bakat luar biasa, kreativitas, dan dinamika dalam komunitas game kita. Kami bangga bahwa Singapura dapat menyediakan wadah bagi komunitas untuk berkumpul, berinteraksi, dan mewujudkan masa depan.”

Zona Perdagangan Mengalami Penawaran yang Diperluas dan Keterlibatan Industri yang Lebih Luas

Peluang melimpah bagi industri terjadi ketika Zona Perdagangan mengalami peningkatan kunjungan sebesar 30 persen dengan lebih dari 4.200 peserta perdagangan, memantapkan posisinya sebagai pertemuan B2B terbesar dan paling terkemuka bagi para profesional game video di wilayah ini.

Program Jaringan Kecepatan Pengembang-Penerbit-Penyandang Dana yang kembali memperoleh minat dua kali lipat dengan lebih dari 200 peserta mendapatkan kesempatan berharga untuk bertatap muka dengan penerbit dan penyandang dana potensial.

Di Konferensi Perdagangan yang diadakan pada 19 dan 20 Oktober, para peserta mendapatkan wawasan berharga dari lebih dari 80 pakar industri global, melalui tiga lintasannya yang diperluas, dengan lebih dari 40 diskusi dan sesi panel yang membahas tren terbaru dalam gaming, nuansa dalam mengarungi ekosistem game Asia, studi kasus desain dan pengembangan game, strategi bisnis, dan prinsip pemasaran. Para pencipta konten dalam gaming dan eksekutif yang mewakili platform, agensi bakat, dan penerbit game juga berkumpul di Content Creators Summit perdana, yang diadakan pada 20 Oktober.

Acara sampingan lain termasuk Pitch Competition yang diadakan bekerja sama dengan Global Top Round (GTR) dan menyaksikan partisipasi gemilang dengan lebih dari 60 aplikasi studio game dan 10 finalis bersaing di tempat untuk tiga kategori terhormat yang mengakui keunggulan di dunia game. Tiga tim pemenang termasuk: Best Pitch oleh Kaigan Games Entertainment dari Malaysia, Best Game Design oleh FairPlay Studios dari Thailand, dan Most Anticipated Game oleh Vermila Studios dari Spanyol.

Kegembiraan Tertinggi saat Gamer Bermain di Zona Hiburan

Zona Hiburan Gamescom Asia dimulai dengan PRIMETIME pada malam 19 Oktober, disiarkan secara online ke khalayak global di YouTube, Facebook, dan Twitch. Pertunjukan ini menampilkan cuplikan eksklusif pertama, premier game, dan cuplikan dari wilayah ASEAN dan sekitarnya. Dibawakan oleh Mike Ross dalam bahasa Inggris, Dejet dalam Bahasa Indonesia, dan Mint dalam bahasa Thai, PRIMETIME membuat tingkat kegembiraan melonjak sebagai preludium untuk acara utama.

Dibuka dari 20 hingga 22 Oktober, pameran fisik Zona Hiburan memamerkan kumpulan besar para pemain berat di industri game bersama dengan yang terbaik dari game Asia, termasuk penerbit game internasional dan regional, serta studio independen, dan pahlawan lokal berkumpul untuk memberikan pengalaman game terbaik di lapangan. 4Divinity, Arc System Works, CAPCOM, Epicsoft Asia, Make Waves, Neopets, PlayStation, SEGA, dan Ubisoft, adalah beberapa dari banyak pameran yang memamerkan sorotan dalam Zona Hiburan B2C pertama.

Gamer dimanjakan dengan lebih dari 100 judul game untuk dimainkan – mulai dari mencoba game yang belum dirilis, berkompetisi dalam turnamen komunitas, hingga membawa pulang hadiah menakjubkan. Kegembiraan mencapai puncaknya dengan CAPCOM Pro Tour 2023 Offline Premiere Singapore, sebuah acara live yang memacu jantung yang melihat sensasi permainan bertarung asal Jepang, Gachikun, menguasai arena Street Fighter 6 sementara penonton bersorak bersama-sama. Para peserta menikmati seluruh spektrum kebaikan game, baik analog maupun elektronik, di Zona-zona baru: Zona Indie oleh Indie Wavemakers yang memamerkan lebih dari 30 game dari studio di seluruh dunia, Zona Game Retro oleh Retro City yang membangkitkan nostalgia dengan judul-judul klasik dan arkade kustom, dan Zona Permainan Papan oleh Origame yang menyatukan kelompok-kelompok baru dan pengalaman taktil alternatif.